Manfaat tomat bagi kesehatan

Manfaat tomat bagi kesehatan yang perlu anda ketahui lebih jauh, manfaat tomat bagi kesehatan dengan berbagai sumber bahan alami yang baik tentunya memberikan manfaat yang tinggi sekali dalam menjaga kondisi kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi tomat tentunya berbagai macam maaslah kesehatan seperti gangguan penyakit dapat terhindari dengan buah sehat yang satu ini.

Tomat bukan saja hanya memiliki daya tarik tersendiri melalui bentuk dan warna yang cerah. Kandungan tomat yang tinggi akan antioksidan ini tentunya memiliki manfaat yang bagus sekali dalam menjaga kesehatan seseorang yang mengkonsumsinya. Tomat itu sendiri perlu anda tambahkan dalam daftar menu diet anda untuk mendapatkan diet yang sehat dan seimbang.

Salah satu kandungan tertinggi yang terdapat pada tomat ini yang memiliki manfaat bagi kesehatan adalah melalui kandungan alami seperti lycopene. Lycopene adalah salah satu jenis antioksidan alami penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Antioksidan lycopene ini merupakan salah satu bagian dari jenis pigmen yang sering disebut karoten. Karoten itu sendiri merupakan komponen alami yang memunculkan pembentukan warna yang diliki oleh buah dan sayuran. Sebagai contoh misalnya, beta karoten adalah salah satu pigmen yang berwarna orange yang dimiliki oleh wortel. 

Lycopene itu sendiri memiliki fungsi untuk melawan proses pembentukan sel kanker dan juga berbagai jenis komplikasi permasalahan lainnya terhadap kesehatan. Lycopene juga mampu melawan radikal bebas yang terdapat pada tubuh yang tentunya mengganggu kondisi kesehatan anda.

Lycopene tentunya tidak dapat dihasilkan oleh tubuh secara alami, lycopene ini terbentuk melalui sumber makanan yang anda konsumsi seperti buah tomat misalnya. Antiokasidan yang dapat dijumpai adalah pada jenis buah yang memiliki warna pink lainnya, semangka bahkan juga terdapat pada beberapa jenis sumber makanan lain. Namun, kandungan lycopene yang terdapat pada makanan ini memiliki jumlah yang lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah yang ada pada buah tomat. Jadi, tomat merupakan sumber lycopene yang paling tinggi dibandingkan dengan buah dan jenis sayuran lainnya.

berdasarkan hasil studi dan penelitian telah membuktikan bahwa tomat tidak hanya mampu mencegah penyakit kanker akan tetapi tomat juga dapat mencegah penyakit jantung bahkan kolesterol tinggi. Kanker seperti kanker prostat, kanker rektal, kanker perut, mulut, kerongkongan telah terbukti mampu dihindari dan dicegah melalui konsumsi tomat yang lebih banyak.

Melalui penelitian tersebut, bahwa melalui memasukkan lycopene ke dalam kultur sel kanker. Lycopene ini terbukti daat mencegah pertumbuhan kultur sel kanker ini. Hal ini menjadi bukti kuat bahwa tomat memiliki manfaat bagi kesehatan dalam mencegah kanker pada umumnya.

Disamping itu tomat juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan seperti mampu memperbaiki kekencangan kulit dan mencerahkan kulit. Tomat juga dapat mengembalikan kemurnian darah. Manfaat tomat yang lain bagi kesehatan juga ternyata mampu menghancurkan batu ginjal. Antiseptik yang terdapat pada tomat mencegah terjadinya infeksi, melalui kandungan asam nikotin yang terdapat pada buah tomat ini dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga mampu mencegah anda dari serangan penyakit jantung. Vitamin K yang terdapat pada tomat juga mampu mencegah anda dari pendarahan.

Mengkonsumsi buah tomat dalam keadaan masih segar tentunya memberikan asupan vitamin C yang tinggi bagi tubuh. Untuk mendapatkan kandungan alami yang baik bagi kesehatan, sebaiknya mengkonsumsi tomat yang sudah matang dan karena tomat biasanya digunakan sebagai pelengkap dalam masakan hindarilah memasak tomat menggunakan api yang besar atau dengan kata lain hindarilah memasak tomat yang dapat membuat tomat menjadi kering karena menguap. Kandungan air yang tinggi pada tomat inilah sumber lycopene itu ada dan tentunya vitamin yang terdapat pada tomat juga terdapat dalam bentuk cairan dalam tomat itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar