Manfaat telur bagi kesehatan


Manfaat telur bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, manfaat telur bagi kesehatan yang ternyata memiliki berbagai macam manfaat baik dalam mejaga kesehatan serta bermanfaat dalam menghindari suatu serangan beberapa jenis penyakit tertentu. Telur merupakan salah satu jenis makanan yang biasa bahkan sering kita jumpai, fakta mengenai dampak buruk yang dihasilkan oleh telur ini ternyata tidak sepenuhnya benar.

Telur merupakan jenis sajian kuliner yang biasa disebut sebagai makanan super. Pada telur memiliki beraneka ragam nutrisi penting yang baik bagi tubuh mulai dari protein, vitamin, mineral, antioksidan, dan bahkan pada telur terdapat lemak baik. Dengan sebutir telur yang memiliki ukuran besar didalamnya terkandung hanya 70 hingga 80 kalori, serta mampu mencukupi kebutuhan 10 persen protein harian anda, disamping itu juga terdapat didalamnya zat besi, mineral dan vitamin B (riboflavin, asam folat, vitamin B6 dan vitamin B12).

Dengan fakta seperti itu ternyata telur juga memiliki reputasi yang tidak baik yang sering juga disebut-sebut sebagai makanan yang tinggi kolesterol. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah telur benar-benar memberikan manfaat bagi kesehatan? Haruskah kita membatasi mengkonsumsi telur ini atau bahkan menghindarinya agar terhindar dari reputasinya yang tinggi kolesterol tersebut.

Pada kenyataannya adalah dengan mengonsumsi telur ternyata tidak berdampak buruk bagi kesehatan anda. Fakta bahwa dengan mengkonsumsi telur menjadi pemicu resiko penyakit kardiovaskular adalah merupakan kesalahan umum.
Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh suatu instistusi nutrisi di Amerika bahwa dampak terhadap mengkonsumsi telur dengan tingkat kolesterol yang biasanya telur ini dikonsumsi dalam program diet ternyata tidaklah benar. Berdasarkan hasil riset tersebut bahwa jumlah orang yang mengkonsumsi teur pada diet yang dijalaninya memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingakn dengan orang yang menjalani diet tanda mengkonsumsi telur.

Beberapa ilmuwan yang melakukan penelitian juga meyakini bahwa zat kolin yang terdapat pada telur mampu melawan efek berbahaya yang ditimbulkan oleh kolesterol jahat. Zat kolin ini terdapat pada bagian kuning telur. Kolin itu sendiri mampu menurunkan tingkat kadar kolesterol dalam darah secara cepat. Selain itu juga dalam satu butir telur mempu mencukupi kebutuhan 30 persen kebutuhan harian setiap orang, dimana dapat membantu menjaga kesehatan otak serta mempu mengurangi peradangan. Dengan mengkonsumsi telur anda juga dapat menghindari resiko serangan jantung dan stroke. 

Bagaimana cara aman mengkonsumsi telur, walaupun telur memiliki manfaat baik bagi kesehatan tentunya anda juga harus lebih memperhatikan tentang bagai mana cara yang terbaik dalam mengkonsumsi telur. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi telur dengan olahan menggorengnya, yang dapat menyebabkan tingginya kolesterol ketika mengkonsumsi telur adalah mengkonsumsi telur yang digoreng. Namun jika anda memang benar-benar khawatir akan efek kolesterol yang dapat memicu kolesterol jika mengkonsumsi telur, Anda cukup mengkonsumsi bagian putih telur saja. Pada putih telur merupakan pilihan terbaik, terutama bagi anda yang mencoba untuk mengurangi konsumsi kalori. Kandungan tinggi protein pada putih yang tanpa lemak tentunya baik sekali untuk memenuhi protein dalam tubuh dan juga tentunya tanpa lemak. 

0 komentar:

Posting Komentar