Tanaman Obat : KUBIS

Tanaman Obat

KUBIS
(Brassica oleracea var. capitata)

Nama Lokal :
Nama daerah kol, kobis, kubis telur, kubis krop. Nama simplisia Brassicae capitatae Folium (daun kubis). , ;
Uraian :
Kubis-kubisan memiliki jenis yang cukup banyak dan yang lazim ditanam di Indonesia, antara lain kubis, kubis bunga, brokoli, kubis tunas, kubis rabi, dan kale. Kubis yang telah dibudidayakan dibuat menjadi tanaman tahunan. Untuk memperoleh bijinya, kubis tersebut dibiarkan tumbuh sebagai tanaman. Sayuran ini dapat ditanam di dataran rendah maupun di dataran tinggi dengan curah huian rata-rata 850-900 mm. Daunnya bulat, oval, sampai lonjong, membentuk roset akar yang besar dan tebal, warna daun bermacam-macam, antara lain putih, hijau, dan merah keunguan. Buahnya buah polong berbentuk silindris, panjang 5-10 cm, berbiji banyak. Biji berdiameter 2-4 mm, berwarna cokelat kelabu. Umur panennya berbeda-beda, berkisar dari 90 hari sampai 150 hari. Kubis dapat diperbanyak dengan biji atau setek tunas.
Khasiat untuk kesehatan untuk mengobati sakit :
Gatal akibat jamur candida, jamur di kulit kepala, tangan, dan kaki kadar kolesterol darah tinggi, radang sendi, melindungi tubuh dari sinar radiasi, seperti sinar X-ray, komputer, microwave, dan televisi berwarna, antidote pada mabuk alkohol, racun di hati, menghilangkan keluhan prahaid, meningkatkan produksi ASI, mencegah tumor membesar, mencegah kanker kolon dan rektum, borok pada saluran cerna, sembelit.

Komposisi :
Kubis segar mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, vitamin (A, C, E, tiamin, riboflavin, nicotinamide), kalsium, dan beta karoten. Selain itu, juga mengandung senyawa sianohidroksibutena, sulforafan, dan iberin.

0 komentar:

Posting Komentar