Minggu, 12 Agustus 2012

Tips Kesehatan Tubuh


Tips kesehatan tubuh untuk menjaga agar badan tetap selalu dalam kondisi prima, sehat dan siap untuk melakukan aktifitas. Tips kesehatan tubuh berikut ini tentunya tidak ingin anda lewatkan begitu saja, sederhana dan mudah untuk dikerjakan, hanya membutuhkan rutinitas dalam menjalaninya. Begitu pentingkah arti kesehatan tubuh untuk seseorang? Tentu saja, dan kebanyakan orang bahkan tidak menyadari pentingnya kesehatan. Baru terasa pada saat tubuh sedang dalam kondisi tidak baik atau kurang sehat. Anda juga pasti pernah mendengar, membaca atau bahkan mengalaminya, segala macam usaha dilakukan ketika seseorang sedang sakit untuk kesembuhannya. Dan memang benar mencegah lebih baik daripada mengobati. Dan berikut ini tips kesehatan tubuh yang mudah untuk anda.

Tips Kesehatan Tubuh

1. Istirahat yang cukup dan berkualitas
Betapapun sehatnya kondisi tubuh seseorang, bila tidak disertai dengan istirhata yang cukup maka akan mengalami penurunan. Belum terasa mungkin dalam jangka pendek, dan dalam jangka panjang masalah ini bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh seseorang.
Istirahat paling baik adalah tidur, kita harus memastikan bahwa jam tidur kita cukup sekitar 7 sampai 8 jam setiap hari. Suasana yang nyaman dan tenang akan membantu tidur yang nyenyak dan berkualitas, sehingga ketika bangun badan dan pikiran akan terasa segar.

2. Konsumsi Makanan Sehat
Apakah makanan yang enak menjamin kesehatan tubuh seseorang? Tentunya tidak, karena pola makan pada manusia modern saat ini justru menjadi gaya hidup yang disadari atau tidak dalam jangka waktu lama akan berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pola makan yang salah akan menyebabkan banyak gangguan kesehatan, menimbulkan banyak penyakit yang mungkin bisa timbul.
Memilih jenis makanan yang sehat banyak disarankan untuk memilih jenis sayuran dan buah-buahan. Jenis lauk pauk yang banyak mengandung lemak tinggi sebaiknya mulai dikurangi, memilih jenis masakan yang dikukus atau direbus akan lebih baik dibandingkan dengan makanan yang digoreng.

3. Melakukan Olahraga Dengan Teratur
Banyak orang yang selalu beraktifitas dengan menggunakan fisiknya, tetapi tidak sedikit yang bahkan jarang melakukan aktifitas fisik. Dan dengan berolahraga secara teratur dengan frekuensi yang cukup akan sangat membantu untuk membuat badan menjadi sehat, peredaran lancar dan banyak manfaat olahraga lain yang bisa kita peroleh untuk kesehatan tubuh.

4. Menjaga Kebersihan Pribadi dan Lingkungan
Sebagian besar masalah gangguan kesehatan pada seseorang salah satunya berawal dari masalah kebersihan. Baik kebersihan diri atau lingkungan. Terjaganya kebersihan diri dan lingkungan akan memperkecil risiko seseorang terserang berbagai macam penyakit.

5. Kontrol mental dan pikiran
Berbagai masalah akan banyak dihadapi oleh orang terutama ketika berumur remaja ke atas. Apalagi pada orang yang sudah mulai berusia setengah baya ke atas, akan banyak terkuras pikirannya karena berbagai masalah yang timbul. Mengontrol pikiran dan mental agar tidak terlalu terbawa masalah akan sangat baik untuk ketenangan hidup anda, dan akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara umum. Anda juga pasti pernah merasakan, ketika pikiran sedang tidak stabil dan kalut, badan akan meresponnya dengan berbagai gejala tertentu yang tidak diinginkan. Dan salah satu pilihannya adalah dengan jalan religius yang sudah banyak terbukti mampu mengatasi masalah mental dan pikiran.

Tidak ada yang benar-benar instan, cepat dan selalu berhasil dalam waktu pendek. Begitu juga dengan tips kesehatan tubuh ini. Bila kita bisa menjalankannya dengan teratur dan terus menerus, maka akan menjadi kebiasaan baik yang bagus untuk jangka panjang. Dan semoga sedikit artikel tentang tips kesehatan tubuh ini bisa bermanfaat untuk anda.

0 komentar:

Poskan Komentar