Serba-serbi Persalinan

Serba - serbi Persalinan | Info Kesehatan Kita
Serba-Serbi Persalinan � Untuk ibu yang akan pertama kali melahirkan pasti akan merasakan kecemasan, takut dan penuh tanda tanya. Seperti apa persalinan itu ? Setelah menjalani masa kehamilan, persalinan adalah fase selanjutnya yang akan dihadapi. Pada artikel kali ini Info Kesehatan Kita akan mengulas "Serba-Serbi Persalinan" untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca setia.

Waktu Persalinan sudah dapat diperkiraan yang disebut secara medis dengan Hari Perkiraan Lahir sejak ibu mengetahui kehamilannya. Tanggal taksiran tersebut ditentukan secara medis minggu ke 40 kehamilan. Persalinan Normal bisa terjadi saat minggu ke 37 sampai dengan minggu ke 41 kehamilan sehingga tanggal persalinan boleh maju 3 minggu dari HPL atau mundur 1 minggu dari HPL.

Persalinan akan dimulai ketika dirasakannya HIS atau kontraksi dari otot-otot rahim yang menyebabkan pembukaan mulut rahim. Biasanya disertai dengan keluarnya lendir darah. Awalnya HIS dirasakan setiap 10 menit sekali yang makin lama makin sering. Secara adekuat HIS akan timbul minimal 2 kali dalam 10 menit selama sekitar 40 detik. Kontraksi akan dirasakan ibu sebagai rasa nyeri perut bawah yang menjalar di punggung bawah, rasa nyeri tidak akan menghilang dengan istirahat. Perut akan terasa keras bila diraba. Jika menjelang persalinan para calon ibu akan merasakan kontraksi yang kadangkala disertai keluarnya lendir darah namun kontraksi yang dirasakan belum teratur atau akan menghilang apabila istirahat maka hal tersebut merupakan tanda-tanda persalinan palsu. Bila kontraksi sudah teratur secara ritmis dan berulang yang adekuat dirasakan setiap 5 menit sekali maka bersiaplah untuk memeriksakan ke pelayanan kesehatan terdekat untuk memantau kemajuan persalinannya. Terakhir, Selamat menjadi Ibu...

0 komentar:

Posting Komentar