Selasa, 14 Juni 2011

Jus Buah Tak Sebaik yang Dikira?

Jus Buah Tak Sebaik yang Dikira?


Kita selalu disarankan untuk mengonsumsi buah segar sebanyak sedikitnya lima porsi sehari. Namun, karena merasa tak akan sempat mengupas buah di sel-sela aktivitas di rumah atau di kantor, kita pun membeli jus dalam kemasan karton.
Sayangnya, menurut para peneliti, manfaat buah segar tak sama dengan jus buah. Jus dalam kemasan karton tak bisa dianggap sama dengan lima porsi buah segar dalam sehari. Mengapa?
Menurut penelitian dari Bangor University di North Wales, Inggris, kandungan gula dalam jus kemasan karton terlalu tinggi. Bayangkan, satu gelas jus mengandung sekitar lima sendok teh gula (takaran satu sendok teh gula adalah 4 gram). Jus buah yang Anda beli di warung pun tak kalah bahayanya.
Coba perhatikan, dalam satu gelas jus, biasanya penjualnya menambahkan setidaknya tiga sendok makan gula (sekali lagi, sendok makan) bukan? Nah, kebiasaan meminum jus yang salah ini bisa meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan obesitas bila dilakukan setiap hari.
"Saya mempertanyakan kebijaksanaan dari pesan untuk minum jus buah lima kali sehari. Masalahnya, orang sering kali menggantikan buah segar dengan jus buah, dan ini salah," tutur Dr Hans-Peter Kubis dari Bangor University.
Jus buah, yang kandungan gulanya dua pertiga dari jumlah gula dalam minuman bersoda, tidak tepat bila diminum lima kali sehari. Dengan hasil penelitian ini, timnya berusaha mendorong para orangtua untuk memberikan anak-anak mereka air putih saja, dan makan lebih banyak buah dan sayuran segar. Dengan mengonsumsi buah dan sayuran segar, Anda akan mendapatkan manfaat vitamin dan seratnya sekaligus.
Bila Anda kurang menyukai buah segar, Anda juga bisa mencoba buah kering yang banyak dijual di supermarket. Meskipun rasanya sangat manis, tidak berarti buah kering mengandung banyak gula. Rasa manis itu terjadi karena kandungan air dalam buah telah hilang.
Selain itu, para peneliti di Leeds University juga mendapati bahwa buah kering mengandung antioksidan, polifenol, dan nutrisi, sama banyaknya dengan buah segar. Buah kering juga dapat membantu melawan kanker, penyakit metabolik, dan masalah jantung.
Meskipun begitu, jika Anda gemar mengonsumsi jus buah, tak berarti Anda harus menghentikan sama sekali kebiasaan ini. Anda bisa membuat jus buah dengan mengurangi takaran gulanya. Atau, buat saja jus tanpa tambahan gula. Bila membeli jus buah dalam karton, pilih yang kandungan gulanya paling sedikit. Dan, sebaiknya tidak mengonsumsinya setiap hari.

Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar