Khasiat buah tomat

Buah tomat (Solanum Lycopersicum syn) adalah jenis buah-buahan dari jenis keluarga solanaceae. Munurut beberapa sumber tumbuhan tomat berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai ke Peru. Tomat merupakan jenis tumbuhan berumur singkat tinggi pohon tomat mencapai 1-3 meter.
Dalam membudidayaan tomat melalui biji yang sudah tua, buat tomat biasanya dimanfaatkan sebagai sayuran, lalap ataupun sebagai bahan dasar jus, jenis jenis tomat sangat banyak sekali, diantaranya tomat apel, tomat sayur dan lain sebagainya.
khasiat buah tomat
Buah Tomat
Khasiat buah tomat sangat banyak sekali, terutama bagi kesehatan, ini tentunya beralasan karena kandungan gizi tomat sangat banyak sekali. Untuk kandungan gizi tomat merah, mentah nilai gizi per 100 gramnya adalah sebagai berikut.
  • Karbohidrat 4 gram
  • Energi 75 kJ (18 kcal)
  • Diet serat 1 gram
  • Lemak 0,2 gram
  • Gula 2.6 gram
  • Vitamin C 13 mg (22%)
  • Protein 1 gram
  • Air 95 gram
  • Sumber: USDA Nutrient database
Dari kandungan gizi tomat yang sangat besar inilah yang menyebabkan khasiat buah tomat sangat banyak diantara khasiat buah tomat yang paling terkenal adalah sebagai berikut :
  1. Buah tomat mampu Membantu menurunkan resiko gangguan pada jantung.
  2. Mengkonsumsi tomat dengan teratur juga mampu Menghilangkan kelelahan saat bekerja berat
  3. Kandungan vitamin C yang terdapat didalam buat tomat juga mampu menambah nafsu makan.
  4. Khasiat buah tomat yang lainnya mampu Menghambat pertumbuhan sel kanker seperti pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium.
  5. Khasiat buat tomat juga mampu Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia (agerelated macular degeneration).
  6. Tomat juga mampu Mengurangi resiko radang usus buntu.
  7. Manfaat tomat yang tak kalah pentingnya adalah Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.
  8. Dengan mengkonsumsi tomat dengan teratur juga mampu Menghilangkan jerawat atau bekas jerawat, serta mampu menyehatkan kulit, sehingga jerawat dan penyakit kulit yang lainnya tidak mudah datang.
  9. Kandungan gizi dan vitamin buat tomat juga mampu Mengobati penyakit diare.
  10. Khasiat buah tomat khusus untuk pria yaitu mampu Meningkatkan jumlah sperma.
  11. Dengan mengkonsumsi tomat juga mampu Memulihkan fungsi lever.
  12. Buah tomat juga mampu Mengatasi kegemukan yang berlebihan, sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang sedang melakukan diet.
Dengan mengetahui kandungan gizi dan khasiat buah tomat yang sangat banyak ini, tentunya mulai dari sekarang kita tidak perlu lagi segan untuk mengkonsumsi buah tomat, baik itu secara langsung, dibuat jus ataupun disayur.

0 komentar:

Posting Komentar