Sabtu, 24 November 2012

Khasiat asam jawa

Khasiat asam jawa - Asam jawa (Tamarindus indica) adalah salah satu jenis tumbuh buah buahan dari suku Fabaceae (Leguminosae). Buah asam jawa berwarna coklat dengan bentuk polong memilliki ciri khas rasa yang asam atau kecut (bahasa jawa). Didalam buah polong asam jawa, selain terdapat kulit yang membungkus daging buahnya juga terdapat biji, dan biasanya berjumlah antara 2-5 biji dalam satu polong berbentuk pipih dengan warna coklat agak kehitam-hitaman dan keras.
Asam jawa merupakan jenis tanaman yang mampu tumbuh dengan baik didaerah tropis. Menurut beberapa sumber mengatakan asam jawa diperkirakan berasal dari savana benua Afrika timur, dimana tumbuhan asam jawa banyak tumbuh dengan liar disana, salah satunya adalah di Sudan, semenjak ribuan tahun yang lalu, dan tumbuhan ini kini telah tersebar sampai kebenua Asia tropis, dan kemudian tersebar ke Karibia dan Amerika Latin. Tanaman Asam Jawa mampu tumbuh dengan baik diketinggian sekitar 1.000 m dari permukaan laut, pada tanah berpasir atau liat.

khasiat asam jawa
Buah asam jawa
Secara umum buah asam jawa banyak digunakan sebagai bumbu masakan, bukan hanya di Indonesia namun hampir diseluruh belahan Dunia, rasa asam yang terdapat pada buah asam biasanya dimanfaatkan untuk campuran sayur asam atau campuran rujak. Buah asam yang telah masak, dikupas dan diberi sedikit cahaya matahari (supaya kering) dapat disimpan dalam waktu yang lama, dan jenis asam jawa yang sudah dikeringkan inilah yang biasanya diperdagangkan antar pulau ataupun antar negara.
Secara kimia buah asam jawa banyak mengandung zat gizi dan fitonutrien, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Provitamin A
  • Vitamin C
  • Mineral Kalsium
  • Fosfor
  • Kalium atau potasium
  • Serat
Dari kandungan gizi buah asam yang banyak inilah yang menyebabkan khasiat asam jawa dapat mengobati berbagai jenis penyakit yang sedang kita derita, bukan hanya sebagai bumbu masakan. khususnya yang berhubungan dengan masalah tenggorokan atau mulut diantaranya :
  • Menghilangkan dahak dan mengobati penyakit batuk kering untuk cara pengolahannya, ambil tiga polong asam jawa (sebaiknya polong asam jawa yang masih segar), setenggah genggam daun saga, setelah kesemua bahan tersebut kita dapatkan rebus dengan volume air empat gelas sampai airnya berkurang menjadi satu gelas, setelah itu kita saring ambil airnya dan minum air ramuan tersebut dua kali sehari pagi dan petang dan sekali minum setengah gelas.
  • Mengobati sariawan.
    • Siapkan dua polong buah asam jawa,
    • dua rimpang temulawak besarnya kira-kira satu ibu jari
    • Satu potong gula kelapa,
    • bila kesemua bahan bahan tersebut sudah kita dapatkan rebus kesemua ramuan tersebut dengan volume air dua gelas hingga berkurang airnya menjadi satu gelas, kemudian disaring dan minum air ramuan tersebut satu kali sehari dengan rutin.
Demikianlah pembahasan admin khasiat daun alami kali ini tentang khasiat asam jawa, yang kaya akan manfaat, dan semoga dengan bertambahnya ilmu pengetahuan dibidang kesehatan misteri asam jawa akan semakin terkoak. semoga bermanfaat dan baca juga khasiat buah bengkuang untuk mendapatkan pengetahuan seputar buah bengkuang.

0 komentar:

Poskan Komentar